Menulis Referensi Dengan Bantuan Google Scholar

Acuan guide berupa hasil penelitian, publikasi ilmiah dalam jurnal atau prosiding, perundangundangan untuk artikel kebijakan 80% di antaranya terbitan sepuluh tahun terakhir. Sebagai media untuk daftar rujukan para penulis yang lain, bilamana nantinya ingin mempelajari sumber tersebut lebih jauh lagi. Agar lebih jelas, simaklah contoh penggunaan daftar pustakan online dengan metode MLA Style untuk jurnal online berikut ini. Hal ini dikarenakan layout penulisan yang ditawarkan dapat dikatakan sederhana hingga mudah digunakan. ak bisa dipungkiri lagi, jurnal online yang didapatkan dari web sangat sering digunakan karena cara mendapatkannya yang mudah.

Jika terdapat lebih dari 1 buku ditulis oleh pengarang yang sama, nama pengarang cukup ditulis 1 kali pada buku yang disebutkan pertama. Selanjutnya, cantumkan garis sepanjang 10 ketukan dan akhiri dengan tanda titik (.). Jika tahun terbitnya berbeda, urutkan penulisannya berdasarkan dari tahun terbit terlama ke tahun terbit terbaru. Daftar pustaka sendiri merupakan suatu susunan tulisan yang diletakkan pada akhir sebuah karya ilmiah. Daftar pustaka berisi rujukan atau sumber seorang penulis dalam membuat karya ilmiah. Sumber daftar pustaka bisa berasal dari buku, jurnal, majalah, hingga net. Berlaku untuk penulisan daftar pustaka dari jurnal, buku, karya ilmiah, skripsi dan masih banyak lain-lain.

Jika sumber buku yang dijadikan landasan penelitian hanya memiliki satu orang pengarang, nama harus ditulis terbaik seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Style penulisannya juga sama seperti yang sudah dijelaskan di atas. Unsur terakhir yang harus ditulis adalah nama penerbit. Rollingstone.co.id– Di berbagai buku dan internet, contoh daftar pustaka sangat banyak sekali. Contoh-contoh tersebut bisa dijadikan sebagai pedoman dalam penulisan. Meski begitu, dalam praktiknya, kita masih kesulitan untuk menulis daftar pustaka yang benar.

cara menulis daftar pustaka dari jurnal

Jadi, mengetahui bagaimana cara menulis daftar pustaka dari jurnal merupakan hal yang penting untuk diketahui. Sangat penting bisa menulis daftar pustaka yang baik dan benar. Namun, terkadang masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara menulis daftar pustaka, terutama dari sumber net cara menulis daftar pustaka dari jurnal. Judul buku harus ditulis secara lengkap sesuai dengan sumber yang diacu. Penulisan judul ini menggunakan typeface italic atau miring. Penulisan nama pengarang lebih dari satu orang menggunakan tanda koma untuk memisahkannya.

Penulis kedua dan seterusnya berada setelahnya dengan urutan yang sesuai nama aslinya. Jika pada buku tersebut nama penulis dicantumkan lengkap dengan gelar pendidikan atau gelar lain, gelar-gelar tersebut tidak perlu dituliskan.

tahun terbit jurnal diletakan setelah penulisan nama penulis. Setiap penulisan tahun terbit jurnal, juga selalu ditambah tanda titik (.). Penulisan daftar pustaka ini digunakan sebagai referensi untuk menyusun identitas sumber referensi yang telah digunakan penulis dalam menuliskannya. Terkaiat bagaimana cara menulis daftar pustaka dari jurnal, akan diulas di below bab di bawah. Setelah menuliskan nama penulis dan tahun terbit, tuliskan judul buku yang dipakai. Perlu diingat untuk menuliskan dengan tulisan miring atau italic. Dalam sebuah karya tulis, daftar pustaka sangatlah penting.

Cara penulisan nama untuk artikel bold tidak berbeda dengan penulisan nama dari sumber buku maupun artikel cetak. Nama penulis wajib ditulis secara terbalik dimulai dari nama belakang dan penulisan nama harus dipisah menggunakan tanda koma, “,”. Jika nama berjumlah lebih dari dua kata maka urutan penulisan dimulai dari nama terakhir lalu dilanjut dengan nama depan dan nama kedua. Antara nama terakhir dan nama awal dipisah dengan tanda koma.